Pertemuan Kelompok


Pertemuan dilaksanakan pada tanggal 03 September 2009 bertempat di Rumah Ibu Weli Herti di Korong Balai Satu Nagari Lubuk Pandan dan dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Bpk. Ikhasan Haryadi dari Pusbangluh BPSDM KP Jakarta, PPL Pusbangluh, PPTK, Pelaksana Prasasti Mina, Ketua dan Pengurus LUMIRA, serta semua anggota.
Pertemuan dibuka oleh PPL Pusbangluh pada pukul 10.00 WIB dimulai dengan mendengarkan pengarahan dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya, beliau menyampaikan beberapa hal antara lain:
1. Di Nagari Liubuk Pandan telah ditumbuhkan 1 kelompok wanita yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan yang bernama Kelompok LUMIRA (Lubuk Pandan Mina Sejahtera) merupakan satu-satunya kelompok wanita yang bergerak dibidang pengolahan ikan. Dengan adanya Program Prasasti Mina diharapkan menimbulkan dampak yang baik dan mendukung terhadap perkembangan kelompok yang dikelola oleh ibu-ibu di Nagari Lubuk Pandan.
2. Sebelumnya telah ada beberapa kelompok wanita di Kabupaten Padang Pariaman yang bergerak di bidang usaha pengolahan hasil perikanan diantaranya : Kelompok wanita Tilapia di Kecamatan IV Koto Aur Malintang bergerak di bidang usaha ladu udang; Kelompook Wanita Mina Mandiri di Kecamatan Batang Gasan yang bergerak di bidang usaha ikan kering dan kerupuk ikan; Kelompok Bacelona di kecamatan Sungai Limau yang bergerak di bidang usaha ladu udang; Kelompok Wanita Tiram di Kecamatan Ulakan Tapakis yang begerak di bidang usaha sea food; serta kelompok Sari Tiara di Kecamatan Enam Lingkung yang bergerak di bidang usaha Nila presto.
3. Dari sekarang harus dimulai mengkonsumsi ikan karena makan ikan dapat mencerdaskan generasi bangsa dengan tingginya kandungan protein serta DHA pada ikan yang dapat mencerdaskan otak. Untuk tahun ini konsumsi ikan perkapita Kabupaten Padang Pariaman 27 Kg/kapita/tahun. Target konsumsi ikan per kapita Indonesia pada tahun 2025 sebanyak 50 Kg/kapita/tahun. Apakah ini bisa tercapai? Hal ini tergantung kepada peran ibu-ibu dalam rumah tangganya.
Bpk. Ikhasan Haryadi (Pusbangluh) menyampaikan arahan terkait dengan perkembangan LUMIRA antara lain:
1. Rasa senang dan bangga karena di Lokasi Prasasti Mina Kabupaten Padang Pariaman telah terbentuk satu kelompok wanita yang bergerak dibidang pengolahan hasil perikanan yang pada kunjungan sebelumnya belum terbentuk kelompok ini. Kelompok ini akan menjadi pionir kegiatan pengolahan hasil perikanan yang menjadi sub sistem pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang merupakan bagian dari Unit Bisnis Industrial Pedesaan.
2. Peluang Usaha dibidang pengolahan hasil perikanan sangat terbuka lebar,apalagi berbicara mengenai masakan orang padang sudah sangat terkenal dengan berbagai macam olahan makanan. Pada prinsipnya kami akan terus mendukung dalam kerangka mengembangkan kelompok ini sampai betul-betul memiliki manfaat yang positif untuk keluarga dan masyarakat lubuk pandan,
3. Berbagai macam olahan hasil perikanan telah banyak dipopulerkan oleh teman-teman diwilayah lain seperti: presto ikan, kerupuk ikan, Nuget, siomay, kaki naga, otak-otak dan olahan lainnya. Harapannya lumira mampu menciptakan produk yang dapat diterima pasar. Mengenai olahan lele asap, diharapkan kelompok lebih gencar untuk melakukan promosi, mengingat produk ini tergolong khas dan spesifik di beberapa daera (Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Ambon, Maluku, ddl) sehingga produk ini belum memasyarakat secara luas.

One thought on “Pertemuan Kelompok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s