Partisipasi dalam GEMARIKAN


Penyuluhan Massal Gemarikan dilaksanakan di Laga-LagaKorong Balai Satu Nagari Lubuk Pandan pada tanggal 7 November 2009. Pelaksanaannya bekerja sama antara pelaksana Prasasti Mina pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dengan Yayasan Baitul Maal Jakarta.

Peran pelaksana prasasti Mina (Dinas Kelautan dan Perikanan) adalah memberikan penyuluhan tentang gerakan masyarakat makan ikan, sedangkan peran Yayasan Baitul Maal adalah dalam hal trauma healing untuk anak-anak pasca terjadinya bencana gempa bumi tanggal 30 September 2009. Unsur yang hadir dalam kegiatan ini antara lain: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan; Kabid Perikanan Budidaya; Kabid P2HP; Trainer dari Yayasan Baitul Maal Jakarta; PPL Pusbangluh; PPL Perikanan; Perwakilan Guru SD 02, SD 05, SD 08 dan SD 11 Kec 2 X 11 Enbam Lingkung; Wali Korong Balai Satu; Ketua dan Anggota kelompok Lumira; Pelaksana Prasasti Mina.

Peserta penyuluhan massal adalah anak-anak murid SD se Nagari Lubuk Pandan ditambah dengan anggota kelompok Wanita Lumira yang seluruhnya berjumlah 120 orang, dengan rincian sebagai berikut : a. Murid SDN 02 Kec. 2 X 11 Enam Lingkung sebanyak 25 orang b. Murid SDN 05 Kec. 2 X 11 Enam Lingkung sebanyak 25 orang c. Murid SDN 08 Kec. 2 X 11 Enam Lingkung sebanyak 25 orang d. Murid SDN 11 Kec. 2 X 11 Enam Lingkung sebanyak 25 orang e. Anggota Kelompok Wanita Lumira sebanyatk 20 orang Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan gerakan masyarakat makan ikan dengan sasaran khusus anak-anak murid SD se Nagari Lubuk Pandan serta untuk memulihkan trauma anak-anak dari bencana gempa bumi. Trainer yang berasal dari Yayasan Baitul Maal Jakarta sebanyak 8 orang, dan trainer dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman 1 orang yaitu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman. a. Pembukaan oleh PPL Pusbangluh pada pukul 10.00 WIB b. Trauma healing oleh trainer dari Yayasan Baitul Maal berupa permainan-permainan anak-anak yang ditujukan untuk membuat anak-anak gembira sehingga perlahan-lahan mereka dapat menghilangkan rasa trauma yang dialami akibat bencana gempa. Trainer menyampaikan materi baik berupa permainan, nyanyian, dan tebak-tebakan. Terlihat anak-anak menikmati acara yang diikutinya dengan senang, gembira dan responsif sampai selesai. Acara trauma healing yang diisi oleh Trainer dari Yayasan Baitul Maal Jakarta ini berakhir pada pukul 12.00 WIB c. Pukul 12.00 WIB istirahat, diisi dengan minum susu dan makan biskuit yang dibagikan sebagai bantuan dari Yayasan Baitul Maal Jakarta. d. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Gemarikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, inti materi adalah tentang pengertian ikan dan manfaat makan ikan khususnya bagi anak-anak dimana ikan dapat membuat badan sehat dan membuat otak anak-anak menjadi cerdas. penyampaian materi diberikan dengan santai dan gembira untuk menghindarkan anak-anak dari tekanan dan diupayakan membuat anak-anak menjadi gembira dan senang hatinya. Penyampaian materi dari Kepala Dinas berakhir pada pukul 12.45 WIB. e. Pukul 12.45 WIB anak-anak dibagikan paket makanan yang berasal dari produk olahan perikanan hasil produksi Kelompok Wanita Lumira dan mereka makan siang bersama. f. Pukul 13.00.15 acara selesai dan anak-anak SD kembali ke rumahnya masing-masing dengan membawa bingkisan peralatan mandi bantuan dari Yayasan Baitul Maal Jakarta.

Kelompok LUMIRA terlibat penuh dalam penyelenggaraan kegiatan ini, sehingga kedepan pengalaman ini menjadi bekal untuk mengadakan kegiatan serupa baik ditingkat nagari, kecamatan atau tingkat yang lebih besar. semoga kelompok LUMIRA bisa terus mengembangkan kemampuan untuk mencapai prestasi yang dicita-citakan serta memberikan kontribusi yang nyata terhadap kesejahteraan ekonomi keluarga di Nagari Lubuk Pandan.
(Penyuluh Pusbngluh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s