“LUMIRA” Tangkap Peluang Usaha P2HP


Peluang usaha yang cukup menjanjikan dalam masa krisis ini antara lain adalah peluang usaha pengolahan hasil perikanan, Seperti bakso ikan, nuget ikan, Lele asap, petis ikan, abon, cracker dan lainnya. Peluang ini yang ternyata dimanfaatkan oleh kelompok wanita pengolah ikan yang ada di Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2×11 enam lingkung kab. padang pariaman yang memanfaatkan ikan lele segar yang diolah menjadi ikan lele asap. mengenai usaha ini disampaikan oleh ketua kelompok LUMIRA (Lubuk Pandan Mina sejahter), awalnya dipicu dengan pelatihan bagai ibu-ibu yang ada dikawasan Prasasti Mina (Program Rintisan Sosialisasi Inovasi Teknologi Kelautan dan Perikanan.
Prasasti Mina merupakan program unggulan pusat pengembangan penyuluh BPSDK KP. Terbentuknya lumira juga tidak terlepasa dari peran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Padang Pariaman serta penyuluh pendaming kegiatan yaitu sdr. Tatang, S.St.Pi dari Pusbangluh BPSDM KP.
Keberadaan kelompok lumira ini semakin dirasaskan perlunya. hal senada disampaikan juga oleh Walinagari Lubuk Pandan Bapak Mothia Azis pada suatu kesempatan, “Lumira telah menjadi usaha alternatif untuk menghasilkan pendapatan dari ibu-ibu yang ada dinagari kami, sehingga sangat positif demi mendukung program peningkatan kesejahteraan keluarga. mengingat ibu-ibu relatif memiliki waktu yang senggang utuk mengerjakan pekerjaan yang menjadi sampingannya.
Sejak berdiri pada bulan Juni 200 sampai saat ini memiliki anggota tetap sekitar 30 orang yang tersebar di 5 korong yang ada di Nagari Lubuk Pandan. Menurut Ketua Kelompok Lumira Olahan asal ikan yang sekarang ini dikembangkan oleh kelompok antara lain: Lele Asap, Nuget, Abon Ikan, Ladu IKan Fish Cracker, Kerupuk Ikan, Abon ikan dan lain-lain. Perkembangan kelompok ini meurut penyuluh perikanan (Tatang, S.St.Pi) sudah terlihat dari awal terbentuknya kelompok ini, dimana sesuai dengan sifat ketelatenan dan ketekunan para ibu ini mereka tata kelompok dengan apik mulai Administrasi kelompok seperti AD ART, Kas kelompok, simpanan wajib dan sukarela,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s