5 Juta perbulan dari Olahan Lele


Kejelian melihat peluang bisnis adalah gerbang kesuksesan. Tidak harus di kota, di daerah pun banyak peluang usaha yang bisa menghasilkan banyak uang. Adalah Siti Thoyibah, pemilik usaha mandiri di daerah Playen, Yogyakarta, yang berhasil melihat potensi daerahnya untuk membangun kesuksesan. Berawal dari prihatin atas harga jual ikan lele yang  rendah saat panen lele tiba di daerah tempat tinggalnya, Siti berinisiatif melakukan inovasi agar ikan lele memiliki harga jual yang tinggi. “Awalnya, di dusun saya itu penghasil lele. Kalau dijual gitu aja  waktu panen harganya murah sekali.

Makanya saya punya inisiatif bagaimana kalau dibikin aneka ragam makanan dari lele, kan dengan begitu harga jualnya meningkat,” ujarnya, saat ditemui Tribunnews.com, dalam Festival Lele Nusantara, di parkir timur, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2010). Titik balik inilah yang mengubah dirinya, keluarga dan penduduk sekitar tempat tinggalnya mengolah ragam makanan dari ikan lele. Sejak peristiwa tersebut hingga kini Siti telah berhasil mengolah ikan lele dalam bentuk abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele dan dendeng ikan lele. “Ada abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele dan dendeng lele. Semuanya dalam bentuk kemasan,” ujarnya.

Seperti dipaparkan Siti, usaha yang telah ditekuninya sekitar satu setengah tahun ini, tidak ada yang terbuang dari bahan utama ikan lele. “Dari lele itu tidak ada yang terbuang. Jadi dari lele itu diambil daging, dijadikan dendeng; tulangnya dibikin keripik, terus nanti dari kepalanya itu diambil dagingnya dijadikan kerupuk dan juga dagingnya itu dibuat abon,” bebernya. Dari hasil olahannya ini, Siti kini telah dapat mendirikan satu usaha mandiri di Yogyakarta. “Saya punya 7 karyawan. Masih kecil-kecilan lah. Dan saya juga sering mengajari teman-teman membuat aneka ragam makanan lele seperti ini,” tambahnya. Menurut keterangannya, Siti mengaku satu bulannya dirinya dapat meraup penghasilan sebesar Rp. 5 juta. “Omset saya satu bulannya ya sekitar Rp 5 jutaan,” akunya.

2 thoughts on “5 Juta perbulan dari Olahan Lele

  1. Saya sangat interest dengan usaha anda, mengingat daerah tempat saya tinggal merupakan sentra Lele yaitu Kabupaten Jombang Jawa Timur. sehari – hari saya bertugas sabagai PPL perikanan di Jombang, oleh krn itu saya tertarik untuk memotivasi pembudidaya lele agar berinovasi dengan meningkatkan nilai tambah produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s